7 Jenis Daging Steak yang Menghasilkan Rasa Terbaik - Resep Kiki -->

7 Jenis Daging Steak yang Menghasilkan Rasa Terbaik

Saat memilih jenis daging steak, kamu tidak bisa sembarangan. Pastikan kamu memilih bagian yang empuk dan juicy. Jangan sampai memilih bagian yang a lot dan terlalu kering.

Berdasarkan bagian sapi, ada beberapa jenis daging yang sangt direkomendasikan untuk membuat steak. Apa saja, sih? Yuk simak berikut ini.

7 Jenis Daging Steak Terbaik

Berikut ini adalah jenis daging untuk steak yang memiliki cita rasa terbaik:

1. Tenderloin

Tenderloin atau has dalam merupakan jenis daging yang sangat direkomendasikan untuk steak. Hal ini yang membuat bagian ternderloin pasti selalu ada di steak house atau restoran.

Karakteristik dari daging ini adalah sangat lembut dan empuk. Apa lagi bagian tenderloin dari varietas sapi unggulan seperti brangus, angus, wagyu dan varietas unggulan lainnya.

2. Sirloin

Sirloin atau has luar menjadi jenis daging steak terbaik yang bisa kamu pilih selanjutnya. Meski bagian ini memiliki otot dengan tekstur keras, tapi serat dagingnya tetap lembut dan juicy.

Selain itu, rasanya juga gurih alami karena dilapisi oleh lemak. Menariknya, bagian daging ini juga paling terjangkau dari bagian lainnya, lho. Cocok untuk kamu yang mau belajar membuat steak.

3. Rib Eye

Rib eye merupakan daging yang berasal dari bagian rusuk sapi. Karakteristik jenis daging ini sangat menarik, lho.

Sebab, teksturnya sangat lembut dan halus, tidak kalah jika dibandingkan dengan tenderloin. Selain itu, rasanya sangat juicy karena memiliki lemak di area daging.

4. Tomahawk

Tomahawk sama dengan rib eye berasal dari bagian rusuk sapi. Hanya tomahawk diambil bersama tulang rusuknya. Sehingga, ukurannya jauh lebih besar dari rib eye.

Dari segi karakteristik dagingnya sama dengan rib eya. Hanya saja lebih kaya rasa karen ada ‘hint’ rasa dari tulangnya.

5. T-Bone

T-bone diambil dari bagian punggung sapi, tepatnya berada di antara shortloin dan tenderloin. Sehingga, rasanya lebih unik dan membuat ketagihan.

Secara tekstur, memang tidak terlalu lembut seperti tenderloin. Tapi, tetap empuk dan nikmat.

6. Flank

Flank merupakan jenis daging steak terbaik yang diambil dari bagian perut sapi. Bentuknya memanjang dan mendatar.

Teksturnya tidak terlalu lembut, tapi kenyal. Rasanya sangat gurih dan sangat juicy. Sehingga, jenis ini sangat khas dan lezat.

7. Wagyu

Siapa yang tidak tahu jenis daging satu ini? Wagyu merupakan daging dari sapi Jepang berkualitas baik. Daging ini sangat direkomendasikan untuk membuat steak.

Sebab, karakteristiknya daging ini sangat lembut, juicy, dan memiliki cita rasa lezat. Tapi, harganya jauh lebih mahal dari daging lainnya.

Mulai sekarang jangan salah pilih daging untuk membuat steak, ya. Pastikan kamu memilih jenis daging steak seperti di atas agar rasanya maksimal.

Show Comments