Yuk, Cari Tahu Tips Memilih Jenis Asuransi Sesuai Kebutuhan! - Resep Kiki -->

Yuk, Cari Tahu Tips Memilih Jenis Asuransi Sesuai Kebutuhan!

Office documents photo created by rawpixel.com - www.freepik.com

Jenis asuransi saat ini sangat beragam, hampir semua aspek bisa dijamin oleh asuransi. Hal ini tentunya sangat menguntungkan, terutama bagi kamu yang sangat mempertimbangkan pengendalian risiko.

Tapi, dengan banyaknya jenis asuransi ini membuat banyak orang bingung menentukan mana yang paling penting untuk dimiliki. Bahkan tidak jarang mereka mendaftar asuransi yang sebenarnya tidak begitu penting.

Nah, oleh sebab itu pada artikel kali ini kami akan memberikan tips memilih asuransi sesuai kebutuhanmu. Sehingga, alokasi dana dan pengendalian risikonya akan lebih efektif.

Untuk mengetahuinya, simak selengkapnya di bawah ini.

Mengenal Jenis Asuransi Secara Umum

Auransi adalah salah satu layanan jasa keuangan yang memiliki tujuan pengambilalihan risiko oleh perusahaan asuransi dari nasabah. Risiko yang dimaksud adalah mengakibatkan kerugian secara finansial.

Nantinya, perusahaan akan menutup risiko tersebut dengan premi yang rutin dibayarkan oleh nasabah. Secara umum asuransi dibedakan menjadi beberapa jenis, yaitu:

1. Asuransi Jiwa

Asuransi ini akan memberikan jaminan finansial kepada ahli waris ketika nasabah meninggal, sakit tiba-tiba, dan cacat akibat sakit. Metode klaimnya dibagi menjadi dua, yaitu setelah kematian dan sebelum kematian.

2. Asuransi Kesehatan

Produk asuransi ini berguna untuk menangani berbagai masalah finansial terkait kesehatan. Misalnya menjamin biaya untuk berobat jalan, rawat inap, dan keperluan kesehatan lainnya.

3. Asuransi Pendidikan

Asuransi pendidikan adalah produk keuangan yang akan memberikan proteksi pendidikan. Asuransi ini sangat cocok bagi kamu yang memiliki anak atau tengah menjalani masa pendidikan.

4. Asuransi Hari Tua

Asuransi hari tua merupakan jaminan untuk nasabah ketika ketika sudah menginjak usia pensiun. Dengan asuransi ini kamu akan mendapatkan sejumlah dana ketika sudah tidak dapat bekerja lagi.

5. Asuransi Kecelakaan

Jenis asuransi kecelakaan dapat memberikan perlindungan finansial ketika kamu mengalami kecelakaan. Misalnya saja kecelakaan di jalan atau saat bekerja.

6. Asuransi Kendaraan

Asuransi kendaraan dapat memberikan proteksi finansial ketika kendaraan kamu. Dengan demikian, kamu akan merasa tenang.

7. Asuransi Investasi

Asuransi investasi adalah layanan keuangan yang akan memberikan proteksi dan nilai tunai dari pengembangan dana investasi. Dengan demikian, kamu tidak perlu khawatir saat nilai investasi menurun drastis.

8. Asuransi Korporasi

Asuransi korporasi akan memberikan jaminan dan proteksi kepada karyawan korporasi. Contohnya adalah asuransi jiwa untuk dan kesehatan khusus karyawan perusahaan.

Tips Memilih Jenis Asuransi Sesuai Kebutuhan

Setelah mengetahui berbagai jenisnya di atas, tentu kamu sudah memiliki gambaran manfaat asuransi. Nah, untuk menentu mana yang sesuai kebutuhanmu, ikuti tips di bawah ini:

  • Lakukan riset dari setiap jenis produk asuransi. Tentukan mana yang benar-benar urgent dan risikonya sangat rentan menimpa kamu.
  • Pastikan kamu juga memahami mengenai aturan pembayaran premi, berapa limit yang akan didapat, dan apa saja kekurangan dari asuransi yang akan dipilih.
  • Sesuaikan premi yang harus dibayar dengan kemampuan finansial kamu. Jangan memaksakan hingga mengganggu keseimbangan pemenuhan kebutuhan pokok.
  • Lakukan konsultasi terlebih dahulu dengan insurance consultant. Biasanya setiap perusahaan asuransi akan memberikan layanan ini secara gratis pada awal bergabung.

Mulai sekarang jangan sampai asal-asalan dalam menentukan asuransi. Pilih jenis asuransi yang memang sesuai kebutuhan kamu.

Show Comments