Cara Mengolah Kepala Kambing Sebelum Dimasak - Resep Kiki -->

Cara Mengolah Kepala Kambing Sebelum Dimasak

Salah satu bagian kambing yang sering dijadikan masakan lezat adalah kepalanya. Tapi, untuk mengolah bagian ini kamu tidak bisa asal-alasan. Selain baunya yang menyengat, kebersihannya juga perlu diperhatikan.

Makanya, tidak semua orang bisa mengolah kepada kambing. Oleh sebab itu, Resep Kiki kali ini akan membahas bagaimana cara mengolah kepala kambing sebelum dimasak. Simak selengkapnya di bawah ini.

Cara Mengolah Kepala Kambing Sebelum Dimasak

Ada beberapa langkah yang harus kamu lakukan sebelum memasak kepala kambing. Cara ini menjadi andalan keluargaku saat mendapatkan kepala kambing atau sengaja membeli kepala kambing.

Dengan cara ini, bulu di di bagian kepala dan aromanya jadi lebih khas dan tidak berbau prengus. Sehingga, hidangan dari kepala kambing jauh lebih sedap dan nikmat.

Berikut ini adalah cara yang bisa kamu lakukan:

1. Bakar Kepala Kambing

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membakar kepala kambing dengan bara api. Tujuannya adalah untuk membersihkan bulu di sekitar wajah dan kepalanya.

Selain itu, proses pembakaran juga menjadi salah satu cara menghilangkan bau prengus pada kambing. Sehingga, aromanya akan lebih smokey dan harum.

2. Sikat Bersih Kepala Kambing yang Sudah Dibakar

Jika semua bulu di kepala kambing sudah bersih dan tidak ada sisa, maka langkah selanjutnya adalah menyikat kepala kambing. Pastikan kamu menyikat seluruh bagian kepala kambing dengan telaten.

Hal ini dilakukan untuk membersihkan arang atau sisa bulu yang menempel. Dengan begitu, kepala kambing akan lebih bersih saat diolah menjadi hidangan lain.

3. Cuci Bersih Kepala Kambing

Setelah disikat, cuci bersih kepala kambing hingga arangnya benar-benar bersih. Jika perlu, kamu bisa menyikatnya kembali untuk memastikan kebersihan kepala kambing.

4. Belah Kepala Kambing

Pembelahannya ini dilakukan pada bagian depan teapt di tengang wajahnya. Tujuannya adalah agar kepala kambing matang sempurna pada proses perebusan.

5. Rebus Rebus Kepala Kambing

Setelah kepala kambing bersih, maka proses selanjutnya adalah perebusan. Rebus kepala kambing hingga matang yang ditandai kulit di sekitar kepala memisah dan belahannya semakin terbuka.

6. Bilas dengan Air Bersih

Jika kepala kambing sudah matang, maka selanjutnya kamu harus mencucinya kembali dengan air bersih. Tujuannya adalah agar sisa bau asap dan bau prengusnya tidak terlalu kuat.

7. Potong-Potong Bagian yang Bisa Diolah

Proses terakhir adalah memotong-motong bagian kepala kambing yang bisa untuk diolah menjadi hidangan. Di antaranya adalah kulit, daging, otak, lidah, dan beberapa bagian lainnya sesuai selera kamu.

Jika sudah dipotong-potong, maka kamu bebas mengolahnya menjadi berbagai makanan sesuai keinginan. Misalnya saja empal, soto, gulai, dan masih banyak lagi.

Sekarang kamu tidak perlu bingung saat mendapatkan kepala kambing. Cukup ikuti tips mengolah kepala kambing di atas sebelum memasaknya.

Baca Juga Resep Lainnya:

Resep Corndog Spesial Menggunakan KRAFT Quick Melt, Super Lezat!

Resep Donat Kentang Anti Gagal, Cocok untuk Pemula!

Show Comments